Kualifikasi Piala Asia U-16, Bungkam Laos, Timnas U-16 Lolos ke Putaran Final

Loading

Tim Nas U 16 (istimewa).

 

Literasidepoknews

Jumat, 22 September 2017 | 17:59 WIB

Luar biasa. Timnas U-16 sukses lolos ke putaran final Piala AFF U-16 tahun 2018. Bomber Timnas U-16, Sutan Zico dan Rendy Juliyansah sukses membawa Timnas U-16 mengungguli Laos di laga pamungkas Grup G dengan skor 3-0
Bertanding di Stadion Rajamangala, Bangkok, Jumat (22/9/2017) sore WIB, Sutan Zico membawa Indonesia unggul pada menit ke-15 dan di babak kedua pada menit ke-29. Sementara gol Rendy dihasilkan pada masa injury time melalui penalti.
Indonesia yang unggul penguasaan bola atas Laos sejak menit pertama berkali-kali menghasilkan peluang dan memberikan ancaman pada lini pertahanan Laos.
Namun skema serangan lewat permainan terbuka dan bola-bola mati belum berhasil menemui keberhasilan.

Indonesia akhirnya memecah kebuntuan di menit ke-25 melalui Sutan Diego Armando Zico. Golnya yang kesembilan di ajang ini membuka lebar peluang Indonesia ke final Piala Asia U-16.
Sementara Laos hanya menunggu untuk melakukan serangan balik. Mereka sempat membahayakan pada menit ke-30. Bruntung Ernando Ari masih bisa menepis sepakan pemain Laos.
Setelah gol pertama, Timnas U-16 masih kesulitan untuk menambah pundi gol karena rapatnya pertahanan Laos. Sebaliknya, serangan balik Laos beberapa kali berbahaya apalagi jelang turun minum. Kembali beruntung sepakan pemain Laos masih melambung.
Menit ke-41, Chony kembali memasuki kotak penalti Indonesia. Kali ini bola hanya menerpa sisi luar jaring gawang Indonesia. Skor 1 – 0 untuk keunggulan Indonesia bertahan hingga turun minum.

Di babak kedua, Fachri Husaini melakukan pergantian beberapa pemain. Timnas U-16 masih menguasai jalannya pertandingan.

Setelah menyerang, kembali Sutan Zico membawa Timnas U-16 unggul 2-0.
Tepatnya pada menit ke-59, Sutan Zico mencetak gol kedua memanfaatkan umpan silang yang dikirimkan ke kotak penalti. Tanpa menahan bola, Sutan Zico langsung melepaskan tembakan ke gawang Laos.
Zico nyaris membuat gol ketiga bagi Indonesia pada menit ke-70. Sayang, sepakan mendatar Zico masih terkena tiang gawang.

Jelang bubaran, Indonesia nyaris menambah keunggulan. Beberapa kali serangan balik Indonesia hampir mematikan Laos. Di masa injury time, Timnas U-16 mendapatkan hadiah penalti. Rendy Juliyansah yang menjadi eksekutor sukses melaksanakan tugasnya dengan baik. Indonesia unggul 3-0 hingga laga usai.

Dengan hasil ini, Timnas U-16 sukses lolos ke putaran final Piala Asia U-16 secara langsung karena menjadi juara Grup G dengan poin sempurna 12.

Susunan Pemain
Laos: Dim; Songkan (c) Hatsachanh, Anoulack; Ananthana, Sisouphonh, Phoutthalak, Soubanh, Phonesavanh; Akkhom, Chony
Cadangan: Noy; Khamsavanh, Khampadith, Somsai, Bounmy,

Indonesia: Ernando; Bagas, Rusadi, Salman, Yudha; Andre, Komang, Brylian; Amanar,Zico, Husyen.
Cadangan: Ahludz, Risky, Liba, Septa, Fadillah, Reza, David, Hamsa, Rendy, Fatah, Supriadi, Bagus.

Exit mobile version