PEMKOT DEPOK Akan Fasilitasi UMKM

Loading

               Foto ; Istimewa

DEPOK Bojongsari
Literasidepoknews.com

Pemkot Depok memiliki program Sahabat UKM ingin menjadi fasilitator tumbuh kembang usaha mikro, agar keberadaannya bisa membuka lapangan kerja lebih banyak lagi bagi warga Kota Depok. Jum’at (21/7).

“Tren Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang makin banyak peminatnya, menjadi keuntungan tersendiri bagi kemajuan ekonomi kreatif di Kota Depok”..

Kabid Pemberdayaan dan Pengembangan Usaha Mikro (PPUM) Dinas Koperasi Usaha Mikro (DKUM) Kota Depok, Rina Fithrianni Bahar mengatakan, sudah saatnya masyarakat melek terhadap berbagai geliat jenis usaha. Terlebih, berbisnis dapat menyerap tenaga kerja dan membuka peluang bisnis di sektor lainnya.

“Karena satu daerah akan makmur, bila persentase jumlah pengusaha itu sebesar dua persen. Sekarang jumlah penduduk Cipayung itu sekitar 154 ribu jiwa. Kalau dua persen, berarti minimal ada 3 ribu pengusaha. Itu mau usaha di bidang fashion, konveksi, lukis atau yang lainnya, Indeks Pembangunan Masyarakat (IPM) Cipayung pasti terdongkrak,” jelas Rina di Kecamatan Cipayung, Jumat (21/07/2017).

Rina menambahkan, di era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) seperti saat ini, peluang wirausaha begitu besar. Menurutnya, persaingan juga akan semakin ketat dengan munculnya barang-barang khas lokal, tapi ternyata justru hasil impor dari negara lain.

“Saya pernah menemukan rengginang made in Cina. Kemasannya saja yang bagus, tapi rasanya masih enak rengginang yang dijual di pasaran,” sambungnya.

Karena itu, untuk mendorong produk UMKM Depok bernilai jual tinggi, pihaknya berkomitmen akan membantu dan mendorong tumbuh kembangnya pengusaha daerah.

“Kami akan memfasilitasi pemberdayaan usaha mikro seperti Penyuluhan Keamanan Pangan (PKP), urus sertifikasi, urus hak paten, studi banding, hingga membantu konsep produk usaha dengan kemasan-kemasan yang bernilai jual tinggi,” kata Rina.

Ke depan, tambah Rina, Kecamatan Cipayung ditargetkan membentuk sentra usaha baru, selain usaha konveksi yang selama ini sudah eksis. Dengan hadirnya produk baru khas Cipayung, masyarakat yang butuh produk-produk dalam negeri tinggal datang ke Cipayung, tanpa perlu pergi jauh ke tempat lain.
“Jadi kalau ada pertanyaan mau punya kaos sablon yang bagus, yang terbayang adalah Sentra Usaha Cipayung,” tutupnya.(**/Red).

E

Exit mobile version