PDAM Tirta Assata Lakukan Kerja Sama Dengan Jepang

Loading

                    Istimewa

LiterasiDepokNews.Com Jepang adalah salah satu negara kecil yang maju dan terkenal dengan teknologi canggihnya, untuk itulah kunjungan kerja tim dari Departemen Ekonomi dan pariwisata Kota Kobe ke Kota Depok terkait dengan Kerjasama Pemerintah Depok dengan Pemerintah Kota Kobe Jepang dimanfaatkan secara maksimal oleh PDAM Tirta Asasta kota Depok untuk meningkatkan kehandalan Sistem Penyediaan Air minum.

Direktur Utama PDAM Tirta Asasta kota Depok, M. Olik Abdul Holik mengatakan, salah satu program yang diusulkan adalah peningkatan kehandalan pada sistem pengambilan air baku (intake) Instalasi Pengolahan Air di Legong dari Sungai Ciliwung.

Kita ingin ada alat yg bekerja otomatis menghalau lumpur dan kotoran lainnya yang menyumbat aliran air baku,” ungkap Olik Saat menerima kunjungan Tim dari Kobe Jepang di Kantor PDAM Tirta Asasta, Jalan Legong Raya Kelurahan Mekarjaya, Selasa siang (16/5/2017)

Dijelaskan Olik, saat ini PDAM masih terkendala dengan sering tersumbatnya pompa oleh lumpur dan kotoran sampah lainnya terutama pada saat debit air sungai Ciliwung besar atau Banjir, akibatnya operasional produksi air terpaksa dihentikan.

“Bilamana usulan ini disetujui maka salah satu kendala atau hambatan operasional pada musim hujan akan teratasi,” sebut Olik

Saat pewarta coba menanyakan lebih lanjut apakah alat tersebut nantinya akan menggunakan produk dari Jepang, Direktur Umum PDAM Tirta Asasta, EE Sulaeman menjawab bahwa pihaknya belum mengetahui jenis dan produk dari mana yang akan dipakai, walaupun tidak menutup kemungkinan kerjasama dengan pemerintah Jepang untuk hal tersebut.

“Tapi yang pasti kita sangat memerlukan ada alat dengan teknologi yang canggih yang bisa membersihkan lumpur dan material sampah pada bak penyadap air baku yang ada di Legong ini,” jelas EE Sulaeman

Hal lain yang dibahas dalam kunjungan Tim dari Jepang ini adalah terkait dengan program-program dalam rangka pencapaian visi kualitas air siap minum pada tahun 2025, termasuk didalamnya capacity building dalam bidang informasi teknologi.

Selain ketiga orang Direksi PDAM Tirta Asasta yang menerima kunjungan Tim dari Jepang ini, tampak hadir pula Dewan Pengawas PDAM kota Depok yakni Bambang Wispriyono dan Banu Muhammad Haidlir, serta Kepala Dinas Perumahan dan Permukiman (Disrumkim) Kota Depok, Wijayanto bersama Kepala Bidang Permukiman pada Dinas Perumahan Dan Permukiman kota Depok, Herry Restu Gumelar.

Kunjungan kerja Tim dari Kobe Jepang ini infonya masih akan berlanjut esok hari. Salah satunya melakukan rapat dengan beberapa Dinas dan Badan di jajaran Pemkot Depok di kantor Badan Perencanaan Pembangunan dan Penelitian Pengembangan Daerah kota Depok pukul 13:00 WIB. (CPB/LDN).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *