Jiarah Wali Bagian dari Program Ilmu Tasawuf Yang Di Terapkan IAILM Suryalaya Satu Satunya Di Indonesia

Loading

Jiarah Wali Bagian dari Program Ilmu Tasawuf Yang Di Terapkan IAILM Suryalaya Satu Satunya Di Indonesia

Foto: Mahasiswa/i IAILM Pontren Suryalaya Pose Bersama dengan latar belakang Menara Kudus. (DokSL5).

SumberLima.Com, JOGYAKARTA – Rombongan Jiarah Wali Songo Mahasiswa Santri IAILM Pondok Pesantren (Pontren) Suryalaya ini adalah agar Mahasiswa dapat merasakan secara langsung Esensi dari perjalanan secara Ruhani nya , selain sebagai napak tilas perjalanan Guru Agung Abah Anom ra dan Abah Sepuh ra dalam menimba ilmu agama Islam dengan metoda Thorikoh Qodiriyah wa Naqsyabandiyah . Di mulai dari Sunan Gunung Jati menyebrang jalan raya ke Syekh Tolhah Kali Sapu Cirebon selanjutnya menuju Sunan Kali Jaga , Sunan Kudus , Sunan Muria , Sunan Bonang , Sunan Drajat , Sunan Gresik Sunan Giri, Sunan Ampel dan terakhir di Syaekhunal Kholil Bangkalan Ra Madura yang juga Guru Pangersa Abah Sepuh ra.

Rombongan mengakhiri kegiatan Jiarah Wali Songo di Jogyakarta , setelah 3 hari mengunjungi makam Wali Songo di mulai dari Puncak Suryalaya Kejembaran Rahmaniah makam Abah Sepuh Ra dan Abah Anom Ra, rombongan mahasiswa IAILM melanjutkan perjalanan ke makam Sunan Gunung Jati lalu menyebrang jalan menuju Syekh Tholhah Kali Sapu Cirebon beliau adalah guru dari Pangersa Syekh Abdulah Mubarokh Bin Nur Muhamad Ra (Abah Sepuh Ra) di Desa Trusmi Kali Sapu Cirebon . Program ditutup dengan refreshing ke Candi Prambanan dan Malioboro Jogjakarta. Senin , (10/6) 2024.

Program Jiarah Wali merupakan satu satunya program study Ilmu Tasauf yang ada dan diterapkan di IAILM Pontren Suryalaya , sejauh ini belum ada perguruan tinggi lain di Indonesia yang menerapkan program study ini.

Sementara itu Negara Malaysia baru akan menerapkanya melalui Lembaga Dakwah Thorikoh Qodiriyah Wa Naqsyabandiyah (LDTQN) Perwakilan yang ada di Malaysia dalam waktu dekat usai kunjungan perwakilan LDTQN Malaysia ke Pontren Suryalaya Jumat kemarin (7/6) 2024.

Wakil Rektor (Warek) 1 IAILM Dr. Muhamad Qodir MSi. berharap semoga Jiarah Wali Songo ini bisa membawa keberkahan untuk IAILM dan khusus nya untuk fakultas Dakwah Prodi KPI dirinya juga merasa senang karna bisa ikut pada kegiatan jiarah kali ini.

“Alhamdulillah jiarah tahun ini berjalan dengan baik,” saya bisa ikut pada tahun ini sehingga saya sangat senang, mudah mudahan jiarah kali ini membawa berkah buat kita semua terutama untuk kemajuan IAILM dan khusus nya Fakultaa Dakwah KPI . Ujar Warek 1 saat di konfirmasi oleh mahasiswi HMJ KPI New.

Sementara itu Kepala Laboratorium Bahasa IAILM Dr. Riduan Purwanto SMi menjelaskan , makna dari jiarah tersebut adalah secara esensi perjalanan ruhani mengena dan dapat dirasakan oleh seluruh Mahasiswa di mana IAILM Suryalaya bukan hanya mengajarkan disiplin ilmu tasauf saja tetapi juga langsung menerapkan praktek metoda dari ilmu tasauf , dan ini satu satunya yang ada si perguruan tinggi di Indonesia. Pungkas nya.(RahmatSL5)