Resume Buku Jejak Abah Anom Di Asia Tenggara dari Suryalaya untuk Dunia

Loading

Resume Buku Jejak Abah Anom Di Asia Tenggara dari Suryalaya untuk Dunia

Penulis : Dokter Muhamad Kodir, M.SI
Penerbit CV. Putra Surya Santosa
Tahun terbit 2023 (Cetakan Pertama)

 

Oleh : Rahmat Budianto Mahasiswa Fakultas Dakwah IAILM Suryalaya Prodi Komunikasi Penyiaran Islam

Sejarah dan Peradaban Islam serta perkembangan nya memerlukan sebuah rujukan atau referensi yang menunjukan bukti bukti dan fakta autentik yang bisa di pertanggung jawabkan kebenarannya guna perkembangan kemajuan serta kelestarian dari peradaban Islam itu sendiri. Keberadaan Pondok Pesantren Suryalaya dan Pendirinya mampu mewarnai perkembangan kemajuaan dan kelestarian dari sebuah peradaban Islam yang sesungguhnya, sesuai dengan tuntunan Alquran dan hadis serta ajaran Rasulullah dan peran serta ulama warosatul anbiya di tanah Pasundan terutama wilayah Priangan timur.

Hal yang sangat menarik untuk dilakukan penelitian terkait keberadaan Pondok Pesantren Suryalaya dengan pendiri dan penerusnya serta ajaran Thareqat yang Fenomenal yang mampu merubah tatanan kehidupan yang labil pada era transformasi globalisasi dunia dampak dari perubahan kultural dan budaya serta sistem pasar bebas yang sangat deras masuk di wilayah negara kesatuan republik Indonesia tercinta ini.

Syekh Ahmad Shohibul Wafa Tajul Arifin QS , Ra . oleh murid murid nya dan masyarakat sekitar Priangan timur sampai ke wilayah Nusantara lebih di kenal dengan sebutan Pangersa Abah Anom . Abah Anom adalah putra seorang guru mursyid thareqat Qodiriyah Wa Naqsyabandiyah Pondok Pesantren Suryalaya pendiri pondok pesantren Suryalaya yang bernama Syekh Abdulah Mubarokh bin Nur Muhamad akrab di panggil dengan sebutan Abah Sepuh RA.

Abah Anom sebagai dzuriat sekaligus murid dari Abah sepuh mendapatkan khirqoh kemursyidan dari ayah handa nya, Abah Anom menjadi wakil talqin sejak berusi 18 tahun usia yang relatif sangat muda.

Thareqat meskipun sebagai sebuah istilah dari nama lain sebuah jalan atau cara tentang aturan atau biasa di artikan sebagai methoda atau cara guna mencapai tujuan dengan cara yang paling mudah , Keberadaan  TQN PP Suryalaya ini atau Pondok Pesantren Suryalaya masih belum banyak di pahami oleh masyarakat kalangan akademisi maupun kalangan awam.

Dalam buku Jejak Abah Anom di Asia Tenggara dari Suryalaya untuk Dunia di tulis dengan gaya bahasa yang ringan dan mudah untuk dipahami pembaca nya , terkhusus bagi murid murid dan Ikhwan TQN PP Suryalaya serta masyarakat umum yang tertarik untuk mendalami thareqat serta ajaran ajaran dan tuntunan pangersa guru agung yang mulia Syekh Ahmad Shohibul Wafa Tajul Arifin ra.  yang bersumber dari fakta fakta yang autentik yang di lampirkan dalam tulisan oleh penulis nya sangatlah penting dan bermanfaat bagi generasi berikutnya untuk melakukan penelitian dan pengembangan yang lebih mendalam.

Buku ini mengupas tuntas tentang kesuryalaan sejarah dan peradaban nya , serta ajaran dan tuntunan guru Mursyid terkait dengan kesempurnaan pengamalan amaliyah dan riyadoh serta ibadah ibadah sunah lainnya baik yang berhubungan dengan sang maha pencipta Habluminallah wa Habluminanas serta hubungan dengan negara.

Pada Bab 2.3.7. halaman 185 diterangkan terkait silsilah atau sanad mata rantai yang menghubungkan kemursyidan yang satu dengan mursyid yang lainnya hingga Rasulullah SAW.
Silsilah sangat penting dalam dunia thareqat karna silsilah dalam thareqat bagaikan kartu nama dan legitimasi sebuah thareqat , jika tidak demikian berarti thareqat itu terputus dan Palsu.