Ajak Anak Kita Belajar Menanam dan Cinta Tanaman, Bisa Menekan Pengeluaran Dapur Kita

Loading

Ajak Anak Kita Belajar Menanam dan Cinta Tanaman, Bisa Menekan Pengeluaran Dapur Kita

Oleh : Tri Mulyani SPd , Mpd.
Akademisi Pendidikan

Sumberlima.com.- Memanfaatkan sedikit ruang di sekitar rumah bisa dengan menanam berbagai tanaman buah maupun sayur. tentunya dapat menambah manfaat selain hasil nya dapat di nikmati nilai kesehatan keluarga pastinya jadi bertambah.

Mensiasati lahan atau pekarangan yang minim bagi yang tidak memiliki lahan kosong disekitar rumah bisa dengan menanam menggunakan polibek atau pot dari bahan bekas yang bisa di daur ulang.

Saat ini menanam tidak harus dengan lahan yang luas namun bisa memanfaatkan sedikit ruang yang ada disekitar rumah, misalnya didepan rumah menggunakan pot atau pun planterbag.

Dengan menggunakan planterbag kita bisa menanam berbagai tanaman buah seperti jambu, jeruk, mangga, sawo, mulberry, kedondong dan lain sebagainya.

Selain tanaman buah kita juga bisa menanam berbagai tanaman sayur seperti sawi, pakcoy, kacang panjang, mentimun, cabe, tomat dan lain-lain.

Menanam bisa menjadi hiburan bagi sebagian orang menyapa berbagai tanaman dirumah bisa menjadi penghilang kejenuhan selepas kerja. Tidak selalu harus berpergian jauh dan biaya yang mahal untuk bisa healing.

Cukup bercengkerama dengan tanaman, tanaman juga makhluk Tuhan, Ketika kita bisa menyanyangi dan memberikan perhatian dengan perawatan yang baik, tanaman di planterbag juga bisa menghasilkan buah.

Sehingga kita tidak perlu mengeluarkan uang untuk bisa makan buah – buahan. Cukup memetik dari depan rumah.

Kita juga bisa memtik sayur dari depan rumah saat mau masak, dengan menanam tanaman buah dan sayur dirumah jelas akan bisa mengurangi pengeluaran dapur.

Untuk pupuk kita bisa menggunakan pupuk kompos yang dibuat sendiri seperti sisa sampah organic dari dapur bis kita buat kompos. Sisa daun yang tidak diperlukan hasil pangkas dahan juga bisa dibuat pupuk kompos sehingga kita tidak memerlukan lagi membeli pupuk di luar.

Air cucian beras juga sangat baik untuk menyiram tanaman selain itu dengan menanam tanaman buah dan sayur dirumah dapat menjadi sarana edukasi bagi anak-anak kita dirumah.

Anak-anak bisa dilibatkan dalam perawatan tanaman, memanen hasil, mungkin banyak dari anak anak sekarang yang tidak tahu pahon mangga, mereka hanya tahu buah mangga.

Dengan membawa anak anak untuk terlibat dalam merawat tanaman ada banyak hal yang bis akita ajarkan kepada mereka. Anak- anak juga akan belajar untuk merawat dan mencintai tanaman dan lingkungan.