KEMERIAHAN GREBEK SEKATEN KRATON SOLO TAHUN 2023

Loading

KEMERIAHAN GREBEK SEKATEN KRATON SOLO TAHUN 2023

Foto : oleh Tri Mulyani .(dok.SL5).

sumberlima.com, Surakarta, SOLO- Menjelang peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1445 H. Kraton Surakarta menggelar perayaan Sekaten, pagelaran perayaan Sekaten dalam rangka memperingatan Maulid Nabi 1445 H ini ,digelar di alun alun utara Kraton Surakarta Hadiningrat. Jumat (22/9) 2023,  Kemeriahan Grebek Sekaten Keraton Solo kali ini di meriahkan berbagai permainan dan kesenian tradisional, makanan tradisional juga yang menjadi ciri khas keragaman budaya Surakarta. Selain itu ada konser musik, kesenian tradisional, serta beragam permainan lainnya.

Banyak kegiatan dilakukan dalam perayaan Sekaten dimana puncak acara Sekaten adalah ‘Grebeg’, yaitu upacara adat sebagai simbol sedekah dari pihak Kraton Surakarta kepada masyarakat yang berupa gunungan berisi hasil bumi seperti sayur mayur, buah-buahan dan berbagai macam jajan pasar atau makanan tradisional.

Gunungan ini akan dibawa oleh para abdi dalem Kraton Surakarta dengan menggunakan pakaian adat khusus,
Sebelum dapat dinikmati oleh masyarkat umum, gunungan akan didoakan terlebih dahulu sebagai bentuk rasa syukur terhadap Tuhan Yang Maha Esa.

Kemudian, gunungan dapat dinikmati oleh masyarakat dengan cara diperebutkan, dikenal dengan istilah ‘Ngrayah’. Kegiatan Ngrayah memiliki filosofi mengandung arti bahwa manusia harus berani untuk melakukan persaingan dan menghadapi permasalahan hidup untuk mencapai tujuan.

Di lansir dari laman Dinas Pariwisata Kota Surakarta, selama perayaan Sekaten 2023 kali ini, pemerintah setempat juga menyelenggarakan beragam acara

antara lain
1. Festival Payung Indonesia, berlangsung pada 8-10 September 2023 di Pura Mangkunegaran.
2. Pasar Rempah Sriwedari, berlangsung pada 15-17 September 2023 di Sriwedari.
3. Festival Laweyan, berlangsung pada 25 September sampai 2 Oktober 2023 di Kampung Batik Laweyan.
4. Konser Karawitan, berlangsung pada 26 September 2023 di Ngarsopuro.
5. Grebeg Maulud Sekaten, berlangsung pada 27 September 2023 di Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat.
6. Solo Batik Fashion, berlangsung pada 30 September sampai 2 Oktober 2023 di Balaikota Surakarta.
7. Pameran dan Festival Seni Tradisi, berlangsung pada 12-15 Oktober 2023 di Taman Budaya Jawa Tengah.
8. Pasar Seni dan Budaya, berlangsung pada 26-29 Oktober 2023 di Sriwedari.

Rangkaian perayaan Sekaten tersebut untuk memperingati kelahiran Nabi Muhammad SAW 1445 H selain itu untuk nguri-uri kebudayaan Surakarta juga sebagia ajang untuk mempromosikan berbagai ragam kekayaan budaya Kota Surakarta. (TMY. RB.SL5.).