DRa. Wenny Haryanto SH Kerjasama POLTEKES KEMENKES RI Gelar Sosialisasi GERMAS

Loading

DEPOK, Sumberlima.com- Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Aksi atau kegiatan Germas ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih, sehat dan dukungan untuk program infrastruktur dengan basis masyarakat,” Kata DRa. Hj. Wenny Haryanto SH , Anggota DPR RI Komisi 9 di acara Sosialisasi Germas bekerja sama dengan Politeknik Kesehatan (Poltekkes) Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Jakarta III di gedung MUI, Rabu (12/04/2023).pukul 15,00wib

Turut hadir di acara tersebut Direktur Poltekkes Kemenkes Jakarta III Yupi Supartini, Kepala Dinas Kesehatan Kota Depok diwakili Juri Hendrajadi, Karang Taruna LPM Kelurahan Beji , Kapolsek Beji Warga dan tokoh masyarakat lainnya.

Menurut Wenny, Penyakit Tidak Menular (PTM) adalah penyakit yang bukan disebabkan oleh infeksi kuman dan tidak dapat ditularkan dari satu orang ke orang lainnya, contoh jenis penyakit yang termasuk dalam PTM ini, antara lain adalah Stroke, Penyakit Jantung Koroner, Kanker, Diabetes Melitus, gagal ginjal.

“PTM terjadi karena berbagai faktor, seperti kebiasaan merokok, diet atau pola makan dan hidup yang tidak sehat, minim aktivitas fisik, konsumsi minuman beralkohol, tingkat stress yang tinggi. Disisi lain, riwayat kesehatan keluarga juga dapat menjadi pemicu PTM ini yang dapat menyebabkan kematian yang cukup tinggi di Indonesia,” Jelas Wenny.

Dalam kesempatannya Direktur Poltekkes Kemenkes Jakarta III Yupi Supartini menjelaskan, saat ini sejumlah negara berkembang termasuk Indonesia mengalami perubahan pola penyakit dari penyakit menular menjadi penyakit tidak menular (PTM).

“Perubahan pola ini disebabkan karena berubahnya perilaku manusia. Sebelumnya penyebab kesakitan dan kematian terbesar adalah penyakit menular. Namun saat ini, penyebab terbesarnya adalah penyakit tidak menular seperti stroke, jantung, diabetes, dan gangguan gagal ginjal”. Terang Yupi.

Di akhir kegiatan Dra Hj. Wenny Haryanto S.H , Bersama Para Ketua Rw, Ketua Rt , LPM dan Karang Taruna juga Kader Pos Yandu , Perwakilan Puskesmas dan Tokoh Masyarakat lainnya turut melakukan penandatanganan Komitmen bersama dalam Mendukung Gerakan Masyarakat Hidup Sehat. (Rahmat Budianto)

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *