Dr. Joserizal Jurnalis, SpOT Pejuang kemanusiaan Wafat

Loading

Foto : Mercinews.com

Literasidepoknews.com, Jakarta- Telah berpulang ke rahmatullah Dr. Joserizal Jurnalis, SpOT Pendiri dan Dewan Pembina MER-C (Medical Emergency Rescue Committee) pagi ini, Senin, (/20/1/ 2020) Pukul 00.38 WB, dalam usia 56 tahun (11 Mei 1963 – 20 Januari 2020) di RS Harapan Kita, Jakarta.

Jose telah melakukan pertolongan dalam beberapa wilayah konflik, antara lain di Maluku, Mindanao, Afghanistan, Irak, dan Gaza. Dalam melakukan tugasnya di daerah konflik Jose sering mengalami keterbatasan peralatan. Di Maluku misalnya, dia harus mengamputasi kaki dengan gergaji kayu. Sementara di Afghanistan, dia sempat kehabisan jarum suntik.

Joserizal menikah dengan seorang wanita bernama Dian Susilawati dan telah dikaruniai tiga orang anak, yakni Aisha, Nabila, dan Saladin. Ia merupakan putra dari Jurnalis Kamil, seorang akademisi yang pernah menjabat Rektor Universitas Andalas, Padang, Sumatra Barat pada periode 1984-1993, sedangkan ibunya, Zahara Idris juga seorang akademisi.

Catatan:
Di bawah kepemimpinannya, Mer-C telah mendirikan RS Indonesia di Jalur Gaza, pada saat ini sedang dibangun RS Indonesia tahap kedua.
RS tsb telah banyak membantu para korban perang di wilayah tsb.dan telah menjadi icon di Jalur Gaza dan Tepi Barat.***