KI KUMBANG PENDIRI WADAH SENI GOLOK INDONESIA

Loading

LiterasiIndonesiaNews
Di propinsi Banten lama berdiri sebuah Padepokan yang bernama Padepokan Kumbang Kapuk padepokan tersebut terletak di Jl.Raya Kaseban Karang hantu Banten lama.

Adalah Pak Ariyanto SH atau lebih dikenal dengan nama Ki Kumbang yang merupakan guru besar sekaligus pendiri Seni Golok Indonesia (SGI) yang baru baru ini menggelar event kejuaraan seni golok di Hotel Bumi Wiyata Margonda Depok , Minggu 28/10/2018.

Ki Kumbang merupakan keturunan ke 6 Panglima Kumbang dari kerajaan Banten Lama , memimpin padepokan tersebut menggantikan ayahnya yang telah wafat. Beliau juga memimpin cabang padepokan Kumbang kapuk yang ada diwilayah Jawa Barat.

Pada tanggal 21 juli 1997 Ki kumbang mendirikan sebuah perguruan yang diberi nama Perguruan Golok Ki Kumbang beliau juga menciptakan 39 tehknik jurus khas golok ki kumbang. Nama Ki kumbang terkenal diseluruh wilayah Banten hingga pada suatu hari beliau bertemu dengan H.Aunur Rofiq Lil Frdaus Atau dikenal dengan nama Oppick Tombo Hati yang juga menyukai seni golok Ki kumbang.

Atas dasar pertemuan inilah kemudian tercetus ide membentuk sebuah wadah seni golok Indonesia. Tepatnya pada tgl 22 Febuari 2018 Perguruan Golok Ki Kumbang resmi di syahkan secara hukum di notaris Misbahul Munir SH dengan nama SENI GOLOK INDONESIA ( SGI ) .Sk.Kementrian Hukum dan Ham RI no.AHU.0002549.AH..01.07.2018.


Atas kesepakatan bersama ditunjuklah H.Aunur RofiqLil Firdaus ( Oppick ) sebagai Ketua Umum SGI, Ariyanto SH ( Ki Kumbang ) sebagai Guru esar (Gubes) , dan Rusli ( Baba Deran) , Suganda ( Baba Ganda) sebagai Pendiri dari Seni Golok Indonesia.

Nama SGI kemudian mulai terkenal setelah mengadakan perhelatan Turnamen Pertamanya yang dihelat di balairung Budi Oetomo Hotel Bumi Wiyata Margonda Depok . Perhelatan tersebut sukses diikuti oleh 120 peserta dari perguruan dan sanggar silat seluruh nusantara yang unjuk kebolehan jurus juga seni golok dari perguruan masing masing pada acara tersebut digelar Lomba Golok Tertua.

Ketua pelaksana event SGI perdana tersebut diketuai Baba Aji Makmur, Guru Sanggar Activitas Anak Betawi Grogol (SA2BG) serta para guru dan anggota SGI ring 3 Depok. SGI memiliki 34 ring diseluruh Indonesia . SGI merupakan Satu wadah dari kebudayaan seni bela diri dan seni golok indonesia yang beralamat Kantor seketariat di Jl.Raya Pulo Gebang Komplek Pertamina Arun 8 no.19 Cakung – Jakarta Timur.

Laporan : Lismi Asih
Editor : Rahmat budianto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *