Belasan Ibu Rumah Tangga Lulus Pelatihan Coding Mum Depok 2018

Loading

LiterasiDepokNews

Depok-Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) adalah lembaga pemerintah nonkementrian yang bertanggung jawab di bidang ekonomi kreatif. Saat ini, Kepala Bekraf di jabat oleh Triawan Munaf.

 

Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf) bekerjasama dengan PT Kolaborasi Ide Kreatif (Kolla Space) menyelenggarakan acara penutupan Coding Mum Depok di Code Margonda, Depok Town Square Lt 2. Kegiatan pelatihan yang dimulai sejak 16 Maret lalu diikuti oleh 20 peserta yang berprofesi sebagai ibu rumah tangga, Senin (2/4/2018).

Kegiatan Coding Mum memberikan keterampilan di bidang digital khususnya dalam pembuatan front end website  dimana ketrampilan tersebut sangat dibutuhkan di era perkembangan digital masa kini.

Menurut data BPS tahun 2016 baru 3,9% dari seluruh sektor ekonomi kreatif yang sudah memanfaatkan penggunaan internet dalam mendukung usahanya. Melalui pelatihan ini diharpakan semakin mempercepat efek bola salju Coding Mum sebagai sebuah gerakan nasional untuk mengatasi kurangnya tenaga programmer di indonesia dan meningkatkan pemanfaatan tekonologi digital untuk mendorong pertumbuhan usaha di sektor ekonomi kreatif.

 

Dengan di luluskanya peserta Coding Mum Depok, tecatat sudah lebih dari 300 peserta yang di luluskan melalui program ini.

“Depok baru kali ini di adakan Coding Mum, karena begitu antusias saya akan usulkan nanti setiap bulan untuk pelatihan Coding Mum nya,”

“Memberikan pemahaman melakukan suatu bisini online, ekonomi bisnis. Akses pemodalan yang pertama bantuan start up untuk pelaku ekonomi. Kedua dari pelaku pelaku perbankan,”

“Coding Mum sendiri merupakan salah satu program unggulan Bekraf yang dikemas dalam bentuk pelatihan programmer yang diperuntukkan bagi ibu – ibu rumah tangga, buruh migran dan penyandang disabilitas. Pelatihan ini menyahuti era e-commerce dengan tujuan untuk membantu para peserta Coding Mum untuk mengenal dan mengerti konsep pemprograman awal terutama untuk web aplikasi.” Ungkap Kepala Biro Hukum dan Komunikasi Publik Bekraf, Mariaman Purba pada acara penutupan Coding Mum Depok.

Melalui kegiatan ini Mariaman berharap para peserta Coding Mum yang telah lulus bisa mengaplikasikan kemampuan Coding yang di peroleh selama pelatihan sehingga dapat mengisi kekurangan dalam penggunaan internet dalam dunia usaha, hususnya ekonomi kreatif.

 

Bekraf mempunyai tugas membantu Presiden RI dalam merumuskan, menetapakan, mengoordinasikan, dan sinkronisasi kegiatan ekonimi kreatif di bidang aplikasi dan game developer, arsitektur, desain interior, desain komunikasi visual, desain produk, fashion, film animasi dan video, fotografi, kriya, kuliner, musik, penerbitan, periklanan, seni pertunjukan, seni rupa, televisi dan radio. (Ary Jr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *