TMMD  

Kodim 0703/Cilacap Gelar Rapat Persiapan TMMD Sengkuyung Tahap III Bersama Pemda Cilacap

Loading

Cilacap – Kodim 0703/Cilacap bersama Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Cilacap menggelar Rapat Koordinasi Persiapan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) Sengkuyung Tahap III tahun 2017 di ruang aula Bapermades Cilacap Jln. Dr. Sutomo No. 05 Cilacap, Jumat (22/09).

 

Rapat koordinasi ini dibuka langsung Plt Sekda Kabupaten Cilacap Drs. Farid Ma’ruf, MM dan didampingi oleh Dandim 0703/Cilacap yang diwakili oleh Kepala Staf Kodim (Kasdim) Mayor Inf Ahmad Rofiq Alfian dan Kepala Bapermades Cilacap Arifin SR, SH, MM, serta diikuti oleh Pasiter Kodim 0703/Cilacap Kapten Inf. Joko Yunanto, Danramil 12/Kedungreja Kapten Kav. Eman Kusnadi, SKPD, BUMN/BUMD, Forkompincam Patimuan serta Kades Bulupayung Kecamatan Patimuan.

 

Menurut Drs. Farid Ma’ruf, TMMD sengkuyung tahap III TA. 2017 ini, berbeda dengan tahun sebelumnya karena pada tahun ini diadakan sebanyak tiga kali. Hal ini sesuai surat dari Menteri Dalam Negeri bahwa TMMD Sengkuyung dilaksanakan tiga kali dalam setahun karena dipandang lebih mengena terutama bagi pemerataan pembangunan di wilayah pedesaan.” terangnya.

 

Untuk itu, ia mengharapkan Sinergitas dari semua pihak terutama kepada BUMN, BUMD dan Swasta untuk menyengkuyung kegiatan TMMD sengkuyung III yang akan dilaksanakan di Desa Bulupayung Kecamatan Patimuan.
” Saya yakin warga masyarakat Desa Bulupayung sangat mengharapkan adanya perbaikan pembangunan didesanya. Untuk itu, mari kita bangun kebersamaan seperti yang diinginkan Bupati Cilacap dalam programnya Bangga Bangun Desa.” Kata Drs. Farid Ma’ruf.

Sementara itu, menurut Kepala Bapermades Cilacap Arifin, SR, SH, MM, Pelaksanaan TMMD sengkuyung tahap III di Desa Bulupayung dilatar belakangi oleh beberapa faktor yakni, diantaranya potensi pertanian, perikanan, peternakan dan industri rumah tangga. ” TMMD Sengkuyung tahap III TA. 2017, didukung anggaran dari APBD Provinsi, Kabupaten serta swadaya masyarakat. Untuk itu, kepada BUMN, BUMD, Perbankkan serta swasta untuk memberikan dukungannya pada kegiatan TMMD sengkuyung tahap III yang diadakan di Desa Bulupayung.” papar Arifin.

 

Dalam kesempatan ini, disepakati pelaksanaan TMMD Sengkuyung Tahap III tahun 2017 yang akan difokuskan di Desa Bulupayung, Kecamatan Patimuan. Untuk kegiatan fisik pembangunan talud dengan panjang 1.330 m X 0.3 m dan tinggi 1.1 m serta Rehap rumah tidak layak huni (RTLH) 20 Unit dan kegiatan-kegiatan Non Fisik lainnya serta pembahasan bantuan serta persiapan upacara pada saat pembukaan nanti. TMMD Sengkuyung tahap III direncanakan akan dibuka pada tanggal 27/09/2017 mendatang di Desa Bulupayung.

 

Lebih lanjut, Kasdim Mayor Inf. Rofiq menyampaikan, bahwa kegiatan fisik yang dilakukan lebih difokuskan apa yang dibutuhkan oleh masyarakat dengan demikian apa yang dikerjakan azas manfaatnya benar-benar bisa dirasakan oleh masyarakat.
” Ini merupakan Program Kemanunggalan TNI dengan Rakyat. Jadi harus dirasakan benar manfaatnya oleh masyarakat itu sendiri karena selain itu kegiatan ini dilakukan sebagai salah satu upaya memenuhi harapan masyarakat berkaitan dengan ketersediaan sarana dan prasarana yang diperlukan dalam wujud Kemanunggalan TNI dan Rakyat. (Taryo/Hasbi /Pendim.Clp)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *